P3M STP SAHID bertanggungjawab kepada Ketua STP SAHID serta menjalankan tugas, fungsi, kewenangan dan tanggungjawab sebagaimana diatur dalam Statuta STP SAHID. Dalam pengorganisasian dan manajemen P3M telah ditetapkan struktur organisasi dan sistem manajemen didasarkan pada uraian tugas (job description) yang jelas. Adapun secara umum fungsi P3M STP Sahid Jakarta adalah 1) Melakukan fasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dan kegiatan ilmiah lainnya bagi dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta; 2) Menetapkan arah dan kebijakan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta; 3) Melakukan capacity building bidang penelitian, pengabdian pada masyarakat dan penulisan karya ilmiah.

P3M juga mengembangkan sistem manajemen mutu yangsudah tersertifikasi, sehingga merupakan acuan pelaksanaan kegiatan, monitor dan evaluasi agar tujuan dan sasaran yang diinginkan dapat tercapai secara efektif dan efisien. P3M STP SAHID dipimpin oleh seorang kepala, yang dalam aktifitas layanan sehari-hari didukung oleh sekretariat yang terdiri dari kepala sekretariat, staf penelitian, staf pengabdian masyarakat, staf ICGC (Indonesian Culinology & Gastronomy Centre), staf PusHPar (Pusat Hospitaliti dan Pariwisata), staf kerjasama penelitian, bendahara, dan publikasi ilmiah.

Struktur organisasi P3M dilengkapi dengan pusat-pusat penelitian sebanyak 2 (dua) pusat, yaitu: 1) Pusat Hospitaliti dan Pariwisata (PusHPar); 2) Indonesian Culinology & Gastronomy Centre (ICGC); Selain itu, P3M juga membentuk Komisi Etik dan Pengaduan Penelitian serta Tim Reviewer Internal.